Tips: Merawat Sepeda Motor Supaya Performa Prima

Memakai sepeda motor alias mengendarai sepeda motor apalagi masih gress, tentunya mengasyikkan. Motor masih mudah distater, performa juga masih dalam kondisi yang prima. Pokoknya tinggal stater, terus putar gas semaunya. Nah, meskipun sepeda motor itu benda mati, ia tetap butuh perhatian bagaikan manusia. Kualitas, umur maupun performa sepeda motor Anda di tahun-tahun mendatang sangat tergantung pada perawatan dan cara Anda mengoperasikannya.

Berikut sekilas tips agar performa sepeda motor dapat terjaga sehingga kita lebih nyaman dalam mengendarainya :

  1. Gantilah oli tepat waktu. Pilih oli yang menurut Anda berkualitas bagus. Contoh oli berkualitas bagus : Castrol, Shell, Pertamina (Enduro 4T Racing) dll. Jika Anda sering telat ganti oli dan telatnya sampai melebihi 1,5 kali batas maksimum pemakaian oli, lama kelamaan mesinnya bisa ngambek. Ganti oli maksimal tiap 2000km sekali. jika oli yang dipakai 20W dan gantilah oli tiap 1500km jika yang dipakai oli encer. Jika motor sangat jarang digunakan, ganti oli tiap 6 bulan.
  2. Servis rutin di bengkel resmi maupun tidak resmi (asalkan telah berpengalaman). Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing antara bengkel resmi (Authorized Service Station) dengan bengkel tak resmi.
  3. Cucilah sepeda motor minimal seminggu sekali. Selain untuk membersihkan kotoran di bodi, kotoran yang mengganggu kinerja mesin juga dapat diminimalisir.
  4. Dalam servis lengkap di bengkel resmi, poin-poin servis yang penting yaitu : membersihkan karburator dan filternya, membersihkan busi, menyetel klep. 3 poin ini yang harus dilakukan. Jika filter karburator kotor, umumnya akselerasi jadi berat dan proses penyaringan udara yang masuk ke karburator kurang sempurna.
  5. Kira-kira sebulan sekali isi bbm dengan pertamax plus sekedar untuk membersihkan tangki motor. Terjadinya korosi pada tangki dapat diminimalisir.
  6. Ganti busi yang berkualitas baik. Agar performa motor selalu prima, gantilah busi tiap 4000km. Meskipun umur busi secara teknis bisa mencapai 15.000km bahkan lebih.

Jika poin-poin di atas selalu dilakukan, pasti motor dapat menunjukkan performanya secara maksimal dan umurnya panjang. (JAM-berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s